Bab II
Pengharaman Riba
A.
Pengharaman Riba
1.
Pengertian Riba
Secara
bahasa riba berarti “tambahan”, sedangkan menurut istilah para ahli fiqih Riba
berarti aqad bagi sesuatu pertukaran barang-barang yang tertentu tetapi tidak
diketahui persamaannya menurut kiraan syarak ketika aqad atau diketahui
persamaannya dengan menggunakan kedua-dua pertukaran itu atau salah satu dari
keduanya[1].
2.
Macam – macam Riba’
Jumhur
Ulama ahli fiqih berpendapat bahwa riba terbagi menjadi tiga macam, diantaranya[2]
:
a.
Riba’
Al-Fadhl – riba yang dibayar lebih pada satu pihak yang menukarkan barang.
Contohnya : Satu kilo beras mahsuri ditukar dengan satu kilo beras yang lain (
berlainan kualiti dan jenis ).
b.
Riba’
Al-Yad - riba’ yang dibayar lebih kerana tidak diterima dalam majlis aqad
jualbeli.Contohnya : Seseorang yang beraqad sebanyak Rp.100 tetapi apabila
diluar aqad dibayar Rp.105.
c.
Riba’
Al-Nasi’ah – riba’ yang dibayar lebih kerana dilewatkan pembayarannya.
Contohnya : Pinjaman sebanyak Rp 100 maka dibayar balik Rp 120
3.
Dalil – dalil Pengharaman Riba’
a.
Surah
Al – Baqarah : 275
الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لاَ يَقُومُونَ
إِلاَّ كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ
بِأَنَّهُمْ
قَالُواْ إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا
وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَن جَاءهُ مَوْعِظَةٌ مِّن
رَّبِّهِ فَانتَهَىَ
فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللّهِ
وَمَنْ عَادَ فَأُوْلَـئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
"Orang-orang
yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya
orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila.
Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata
(berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah
menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai
kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba),
maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang
larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil
riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya"
(Q.S Al Baqarah : 257 )
Adapun tahapan – tahapan pelarangan riba di
dalam Al qur’an yaitu Allah tidak secra langsung mengharamkan riba’ tapi
melalui beberapa tahap sebagai berikut :
a. Tahap pertama, menolak anggapan bahwa pinjaman
riba yang pada zahirnya seolah-olah menolong mereka yang memerlukan sebagai
suatu perbuatan mendekati atau taqqorub kepada allah SWT. Itu di dalam Al qur’an Surah Ar rum ayat 39.
b.
Tahap kedua riba digambarkan sebagai sesuatu
yang buruk. Allah SWT mengancam akan memberi balasan yang keras kepada orang
yahudi yang memakan riba. Itu di dalam Al
qur’an Surah An-nisaa ayat 160-161.
c. Tahap ketiga, riba di haramkan dengan dikaitkan kepada suatu tambahan yang
berlipat ganda. Para ahli tafsir berpendapat bahwa pengambilan bunga dengan
tingkat yang cukup tinggi merupan fenomena yang banya dipraktikan pada masa
tersebut. Allah berfirma dalam Al qur’an Surah Ali
Imran ayat 130.
d.
Tahap keempat, Allah SWT dengan jelas dan
tegas mengharamkan apapun jenis tambahan yang diambil dari pinjaman. Ini adalah
ayat terakhir yang diturunkan menyangkut riba. Dalam Al Qur’an Surah Al-Baqarah ayat
278-279.
4.
Hikmah Diharamkannya Riba’
Adapun
hikmah diharamkannya riba’ diantaranya :
a.
Riba
merupakan satu penindasan dan pemerasan terhadap orang-orang miskin kerana yang
miskin bertambah miskin, fikirannya bertambah bimbang kerana memikirkan tentang
bagaimana hendak membayar hutangnya yang sentiasa bertambah bunganya bila
lambat dibayar.
b.
Pihak
yang memakan riba’ akan bertambah kaya dan senang.
c.
Riba’
akan mendorong pemakannya hidup senang-lenang tanpa bekerja dan berusaha
sedangkan Islam menggalakkan umatnya untuk berusaha dan bekerja.
d. Riba
boleh merenggangkan merosakkan perhubungan di antara orang kaya pemakan riba’
[1]
. Syeikh wahbah az zuhaini, fiqh al
islam wa adhilatuhu, Darul Kutub Islamiyah, Bab Riba
[2]
. Ibid
[3] http://www.kajianpustaka.com/2012/11/teori-prinsip-bagi-hasil-syariah.html diakses pada hari senin tanggal 1 oktober 2013
ijin copy
BalasHapus