Minggu, 08 Desember 2013

Pengharaman Riba

 


Bab II
Pengharaman Riba

A.    Pengharaman Riba
1.      Pengertian Riba
Secara bahasa riba berarti “tambahan”, sedangkan menurut istilah para ahli fiqih Riba berarti aqad bagi sesuatu pertukaran barang-barang yang tertentu tetapi tidak diketahui persamaannya menurut kiraan syarak ketika aqad atau diketahui persamaannya dengan menggunakan kedua-dua pertukaran itu atau salah satu dari keduanya[1].
2.      Macam – macam Riba’
Jumhur Ulama ahli fiqih berpendapat bahwa riba terbagi menjadi tiga macam, diantaranya[2] :
a.       Riba’ Al-Fadhl – riba yang dibayar lebih pada satu pihak yang menukarkan barang. Contohnya : Satu kilo beras mahsuri ditukar dengan satu kilo beras yang lain ( berlainan kualiti dan jenis ).
b.      Riba’ Al-Yad - riba’ yang dibayar lebih kerana tidak diterima dalam majlis aqad jualbeli.Contohnya : Seseorang yang beraqad sebanyak Rp.100 tetapi apabila diluar aqad dibayar Rp.105.
c.       Riba’ Al-Nasi’ah – riba’ yang dibayar lebih kerana dilewatkan pembayarannya. Contohnya : Pinjaman sebanyak Rp 100 maka dibayar balik Rp 120

3.      Dalil – dalil Pengharaman Riba’
a.       Surah Al – Baqarah : 275
الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لاَ يَقُومُونَ إِلاَّ كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ
قَالُواْ إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَن جَاءهُ مَوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّهِ فَانتَهَىَ
 فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُوْلَـئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
"Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila.  Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya" (Q.S Al Baqarah : 257 )
                       
Adapun tahapan – tahapan pelarangan riba di dalam Al qur’an yaitu Allah tidak secra langsung mengharamkan riba’ tapi melalui beberapa tahap sebagai berikut :
a.  Tahap pertama, menolak anggapan bahwa pinjaman riba yang pada zahirnya seolah-olah menolong mereka yang memerlukan sebagai suatu perbuatan mendekati atau taqqorub kepada allah SWT. Itu di dalam Al qur’an Surah Ar rum ayat 39.
b. Tahap kedua riba digambarkan sebagai sesuatu yang buruk. Allah SWT mengancam akan memberi balasan yang keras kepada orang yahudi yang memakan riba. Itu di dalam Al qur’an Surah An-nisaa ayat 160-161.
c.   Tahap ketiga, riba di haramkan dengan dikaitkan kepada suatu tambahan yang berlipat ganda. Para ahli tafsir berpendapat bahwa pengambilan bunga dengan tingkat yang cukup tinggi merupan fenomena yang banya dipraktikan pada masa tersebut. Allah berfirma dalam Al qur’an Surah Ali Imran ayat 130.
d.      Tahap keempat, Allah SWT dengan jelas dan tegas mengharamkan apapun jenis tambahan yang diambil dari pinjaman. Ini adalah ayat terakhir yang diturunkan menyangkut riba. Dalam Al Qur’an Surah Al-Baqarah  ayat 278-279.

4.      Hikmah Diharamkannya Riba’
Adapun hikmah diharamkannya riba’ diantaranya :
a.   Riba merupakan satu penindasan dan pemerasan terhadap orang-orang miskin kerana yang miskin bertambah miskin, fikirannya bertambah bimbang kerana memikirkan tentang bagaimana hendak membayar hutangnya yang sentiasa bertambah bunganya bila lambat dibayar.
b.      Pihak yang memakan riba’ akan bertambah kaya dan senang.
c.    Riba’ akan mendorong pemakannya hidup senang-lenang tanpa bekerja dan berusaha sedangkan Islam menggalakkan umatnya untuk berusaha dan bekerja.
d.   Riba boleh merenggangkan merosakkan perhubungan di antara orang kaya pemakan riba’






[1] .  Syeikh wahbah az zuhaini, fiqh al islam wa adhilatuhu, Darul Kutub Islamiyah, Bab Riba
[2] . Ibid
[3]  http://www.kajianpustaka.com/2012/11/teori-prinsip-bagi-hasil-syariah.html  diakses pada hari senin tanggal 1  oktober 2013

1 komentar: